Bagaimana Proses Pembuatan Animasi?

Saat ini ada berbagai jenis video animasi berdasarkan proses pembuatannya serta kegunaannya pun berbeda – beda. Namun apakah anda tahu bagaimana proses pembuatan animasi oleh jasa video animasi? Apakah cukup mudah atau malah cukup sulit?

Video animasi memang sebuah media komunikasi visual yang dipakai untuk berbagai keperluan. Misalnya sebagai alat untuk memasarkan sebuah produk, alat yang digunakan sebagai sarana edukasi visual, hingga sebuah media yang dipakai untuk membuat masyarakat yakin terhadap suatu barang dan jasa.

Umumnya jika anda menggunakan jasa video animasi akan ada beberapa tahap yakni tahap pra produksi serta tahap produksi. Disinilah opini klien sangat dibutuhkan, jika anda bertindak sebagai klien maka hal pertama yang harus anda persiapkan adalah tentukan ide. 

Setelah ide ditentukan maka selanjutnya anda perlu membuat konsep. Misalnya anda ingin membuat video animasi corona, maka anda harus tetap berada dalam jalur animasi corona tersebut bisa dimulai dari asal virus corona hingga proses penyebaran dan pengendaliannya. Tujuan dari pembuatan konsep atau sering disebut sebagai story board adalah agar video anda tetap berada di jalur yang semestinya serta tetap bisa menyampaikan maksud anda kepada khalayak. Biasanya bagian ini merupakan bagiannya script writer karena dialah yang akan membuat story board video tersebut.

Lalu anda sudah bisa masuk dalam tahap produksi, tahap ini dimulai ketika animator mulai membuat animasi sesuai dengan materi yang sudah ada dan sesuai dengan script yang ditulis oleh script writer. Animasi merupakan gambar bergerak untuk itu animator juga mulai membuat gambar bergerak di layar komputernya. Jika animasi sudah siap maka selanjutnya masuk di tahapan akhir yakni penambahan visual dan sound effect agar video menjadi lebih bermakna. Jangan lupa ditambahkan backsound juga ya!

Tentunya semua hal ini masih bisa dikonsultasikan dengan jasa video animasi. Karena tahapannya yang tidak mudah ini biasanya harga animasi juga tidak murah. Selain itu biasanya membutuhkan komputer dengan spek tinggi yang harganya relatif mahal.