4 Keunggulan Aplikasi Manajemen Ecommerce Multi Channel

Bisnis bukanlah hal baru, bahkan dari jaman dahulu orang sudah mengenal bisnis misalnya transaksi jual beli di pasar. Akan tetapi saat ini seiring berkembangnya jaman dan teknologi rupanya ikut mengembangkan proses bisnis yang terjadi. Saat ini bisnis tidak hanya secara konvensional dilakukan di pasar dengan mempertemukan penjual dan pembeli tetapi saat ini sudah bisa dilakukan melalui online marketing.

Penjualan secara online atau online marketing umumnya dilakukan pada sebuah “pasar” yang akan disebut sebagai market place. Namun, untuk mendapatkan pelanggan yang banyak tentu saja anda akan meletakkan toko anda di beberapa market place. Akan tetapi mungkin saja anda akan bingung untuk mengatur data yang masuk pada masing – masing market place, untuk itu anda dapat menggunakan aplikasi manajemen ecommerce multi channel.Jadi, Apa itu maksudnya?

Aplikasi manajemen ecommerce multi channel memungkinkan anda untuk mengelola toko anda yang terletak pada berbagai market place agar datanya tetap terekam dengan baik. Proses integrasi sistem jual beli dengan multi channel ini memungkinkan anda mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja keuntungan tersebut?

  1. Aplikasi manajemen ecommerce multi channel mampu mencatat seluruh transaksi yang terjadi pada setiap market place yang anda miliki, sehingga anda tidak perlu mencatatnya secara manual. Sebelumnya aplikasi ini juga mampu menerima seluruh pesanan yang masuk ke akun anda, sehingga setiap pemesanan sudah langsung tercatat oleh sistem. 
  2. Sistem multi channel mempermudah anda dalam mengupdate stok barang yang anda jual, karena sistem multi channel ini memiliki kemampuan untuk sinkronisasi barang yang tersedia dengan transaksi yang terjadi. Sehingga anda tidak perlu lagi meng-update satu per satu pada setiap market place yang anda miliki. 
  3. Beberapa aplikasi manajemen ecommerce multi channel bahkan sudah mengintegrasikan dengan proses pengiriman resi. Sehingga setiap paket yang anda kirimkan kepada pelanggan, otomatis pelanggan tersebut mendapatkan nomor resi.
  4. Setelah pembeli selesai melakukan transaksi, atau setelah barang diterima tentu saja sistem ini sudah langsung akan mengintegrasikan data untuk merekap semua proses penjualan pada hari itu. Bahkan rekapan ini dapat berlangsung selama berbulan – bulan lamanya, tergantung paket yang anda pilih dari penyedia layanan. 

Penggunaan aplikasi multi channel ini sebenarnya lebih banyak memberikan keuntungan untuk penjual dan pembeli. Penjual bahkan sudah tidak lagi disibukkan dengan proses rekap manual karena semua sudah diselesaikan oleh aplikasi multi channel. Sebagai penjual bahkan anda sudah tidak perlu lagi untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk dari pembeli terkait stok barang tersebut karena sudah pasti akan langsung diperbaharui otomatis oleh sistem. Jadi bagaimana? Inginkan kemudahan? Pakai saja aplikasi manajemen ecommerce multi channel.