Percetakan Offset
December 18, 2019

Apa itu percetakan offset? Bagaimana ia Bekerja?

Kali ini kami akan membahas mengenai percetakan offset dengan lebih dalam. Pada dasarnya, percetakan offset ini termasuk jenis percetakan dengan sistem lama, berbeda dengan percetakan digital. Apa itu sistem cetak offset dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu sistem cetak offset?

Sistem cetak offset adalah salah satu sistem cetak yang dilakukan tidak secara langsung artinya tinta yang digunakan untuk mencetak dengan sistem cetak offset ini tidak langsung dikenakan pada kertas tapi dikenakan pada yang nantinya disalurkan pada permukaan kertas melalui bagian-bagian lain dari sistem cetak offset ini.

Sistem cetak offset ini merupakan sistem cetak yang bisa dikatakan cukup tua, sistem ini adalah sistem yang sudah ada sejak lama dan digunakan untuk melakukan pencetakan untuk produk dalam jumlah yang besar. Proses dari sistem cetak offset ini cukup rumit dan membutuhkan biaya besar dalam settingnya sehingga tidak akan cocok digunakan untuk mencetak dengan jumlah kurang dari 500 pcs. Lalu bagaimana dengan cara kerja dari sistem cetak offset ini?

Cara kerja dari sistem cetak offset

Proses ini disebut dengan proses litografi. Proses pada sistem cetak offset ini dilakukan dengan menggunakan perantara air dan juga minyak. Gambar yang nantinya akan dicetak di bakar ke plat. Seluruh area tempat percetakan akan di warna dengan menggunakan tinta yang didapatkan dengan roller sedangkan area yang tidak dicetak akan di menarik film water based. Setelah proses tinta, gambar di transferkan pada kertas atau material lain yang menjadi material untuk pencetakan.

Kapan anda harus menggunakan sistem percetakan offset ini?

Sistem cetak offset bukan merupakan sistem yang cocok digunakan untuk segala kebutuhan. Akan tetapi masih ada banyak bidang yang membutuhkan sistem ini. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang akan embut sistem cetak offset ini lebih menguntungkan untuk anda.

  • Mencetak lebih dari 500 pcs

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem cetak offset adalah sistem yang akan membuat harga cetak menjadi mahal ketika anda mencetak dengan jumlah kurang dari 500 pcs. Oleh karena itu, jika jumlah cetakan anda kurang dari 500 pcs, maka sistem cetak offset ini sebaiknya jangan digunakan.

  • Anda membutuhkan gambar yang identik

Ketika anda membutuhkan gambar yang identik, maka pasti anda menggunakan sistem cetak offset ini. Hal ini disebabkan karena sistem cetak offset memiliki tinta 4 warna yaitu CMYK yang akan memastikan anda mendapatkan gambar dengan warna sesuai dengan keinginan anda dan juga mendapatkan gambar yang presisi tidak bercacat.

  • Ketika anda ingin mendapatkan warna yang benar-benar mirip dengan desain

Kelebihan lain dari sistem cetak offset adalah kemampuannya untuk menghasilkan warna yang benar mirip dengan desain yang anda miliki. Hal ini disebabkan karena dalam sistem percetakan offset dilakukan pencampuran warna secara manual setiap kali pencetakan.