Ilustrasi service
December 15, 2019

Cara Memilih E-commerce Service Provider Yang Benar

E-commerce service provider adalah sebuah penyedia layanan untuk memenuhi kegiatan transaksi jual beli atau layanan yang menggunakan jaringan internet sebagai alat untuk menjalankan perusahaan. E-commerce service provider menyediakan transaksi dan layanan di berbagai bidang bisnis online, seperti :

  • Pembayaran Pajak Atau Transaksi Online
  • Pengembangan Situs Hosting
  • Pemasaran Online
  • Pembuatan Website dan Artikel SEO
  • Pengiriman Barang
  • Desain Software atau Start-up

Ada banyak provider yang menyediakan jasa dan transaksi seperti yang sudah dijabarkan di atas. Namun dengan banyaknya penyedia tersebut, tentunya membuat anda bingung memilih provider yang tepat.

Provider selalu mengatas namakan mereka sebagai penyedia layanan yang profesional, harga yang murah, serta proses layanan yang mudah. Di bawah ini adalah beberapa hal untuk memilih provider yang tepat.

1.Dalami Informasi Mengenai Provider

Anda perlu untuk memahami sejarah mereka berdiri, kapan dan layanan apa yang sudah mereka tangani sejauh ini. Untuk informasi yang lebih jelas, hubungi beberapa klien mereka. Hal tersebut akan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang layanan mereka.

2.Waktu Pengerjaan

Hal ini penting untuk diketahui sejak awal anda memilih penyedia e-commerce pilihan anda. Jika tidak, anda mungkin akan menghasilkan banyak waktu yang terbuang. Waktu yang tepat juga menandakan komitmen penuh dari provider dalam melayani para klien.

3.Harga

Perusahaan penyedia E-commerce mungkin akan menetapkan tarif tinggi jika mereka sudah memiliki nama dan kepopuleran yang tinggi. Namun, anda harus mengerti bahwa tidak semua perusahaan e-commerce yang bagus tidak menuntut anda untuk membayar dana yang tinggi. Melakukan sedikit seleksi perusahaan mungkin akan cukup bagus untuk anda demi mendapatkan harga setepat mungkin.

4.Keamanan

Ada dua jenis keamanan yang harus terjamin. Yaitu :

  • Keamanan Pemilik

Anda yang menggunakan layanan e-commerce untuk membuat sebuah web hosting, patut untuk mengetahui bahwa situs web anda harus terhindar dari setiap pelanggaran yang bertentangan dengan hukum yang berlaku.

  • Keamanan Konsumen

Tersedianya jaminan keamanan untuk pelanggan anda juga penting untuk diketahui. Hal ini akan menyankut tentang identitas pribadi, password, hingga kartu kredit.

5.Customer Service

Semua hal di atas sudah anda dapatkan secara benar dan tepat. Namun bagaimana jika ada sebuah masalah teknis yang bisa membuat bisnis anda merugi, seperti halnya server down. Hal tersebut dibutuhkan layanan dengan dukungan yang cepat dan responsif dari provider. Maka dari itu, mintalah jaminan ketersediaan dukungan layanan dari mereka sebelum anda memutuskan untuk memilih mereka.

Penjabaran di atas semoga dapat memberikan gambaran secara luas mengenai bagaimana memilih e-commerce service provider secara tepat, dalam rangka membangun bisnis anda dengan cara yang tepat dan benar. Keputusan akhir tentunya berada di tangan anda.