rangka atap baja ringan
November 15, 2019

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Rangka Atap Baja Ringan

Kebanyakan orang akan memanfaatkan rangka atap baja ringan karena berbagai alasan. Hal ini tidak lain dari kualitas produk yang sangat terjamin dan pastinya juga memberikan perlindungan maksimal. Bahkan, banyak orang yang mencoba untuk membandingkan antara rangka atap baja tersebut dengan kayu yang keduanya sama-sama difungsikan sebagai reng atap. Dari sini, ditemukan jika kebanyakan masyarakat cenderung memiih rangka atap baja.

Jika kali ini Anda berencana untuk memasang rangka atap baja ringan tersebut, akan sangat tepat jika terlebih dahulu Anda tahu seluk beluk di dalamnya. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang memang harus diketahui untuk kemudian dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memanfaatkan rangka baja tersebut sebagai penyokong atap bangunan. Berikut beberapa hal tersebut.

  1. Sangat cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai jenis penutup
    Salah satu hal yang memang harus Anda ketahui terkait dengan rangka atap baja ringan tersebut adalah bahwa rangka tersebut sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai penyangga berbagai jenis atap. Dalam hal ini, baik itu asbes, beton, keramik ataupun kaca sangat cocok dipasang pada rangka tersebut. jangan lupa untuk menyesuaikan dengan berat penutup, karena semakin berat maka semakin banyak baja yang dibutuhkan.
  2. Kualitas terbaik memiliki tegangan tarikan 550 Mpa
    Selain itu, sebuah rangka atap baja ringan dinilai sangat berkualitas dan baik ketika memiliki tegangan tarikan sebesar 550 Mpa. Dengan besaran nilai tersebut, sudah pasti akan mampu untuk menopang berat atap yang sesungguhnya. Tidak hanya itu saja, untuk kualitas lain juga perlu dipertimbangkan atas nilai SAE grade sebesar 980. Jika semakin kecil nilai tegangan, maka tarikan baja juga semakin rendah.

Untuk mendapatkan kualitas rangka atap baja ringan, maka harus dilakukan suatu pengecekan yang dalam hal ini adalah dengan melihat lapisan anti korosi. Jika ditemukan lapisan zinc ataupun alumunium zinc, maka akan membantu dalam menurunkan resiko korosi. Dengan memperhatikan dua hal yang tersebut di atas, nantinya Anda akan bisa mendapatkan rangka atap baja ringan yang sesuai dengan standard dan pastinya juga membantu untuk memberikan perlindungan lebih di dalamnya.